Kamis, 11 Agustus 2011

Friday, May 6, 2011

DISKUSI BUKU KUMPULAN CARPON “HALIS PASIR” KARYA US TIARSA R

Bertempat di aula pusat Studi Bahasa Jepang--Fakultas Sastra--Universitas Padjadjaran kampus Jatinangor Kabupaten Sumedang pada tanggal 26 april 2011 yang lalu baru saja diadakan gelar pustaka dan diskusi buku kumpulan carpon “Halis Pasir” karya Us Tiarsa R. Menurut ketua pelaksana kegiatan, neneng rani, berharap dengan adanya gelaran ini para mahasiswa mendapat inspirasi, dan tahu bagaimana cara membuat karya sastra yang baik dan menarik, utamanya untuk sebuah cerita pendek. Gelaran acara diskusi ini di hadiri oleh perwakilan pihak Fakultas Sastra Unpad, dosen, mahasiswa, dan tamu undangan lainnya. Dalam diskusi ini, yang menjadi pembicaranya selain penulis carpon halis pasir Us Tiarsa R, juga mengetengahkan pembicara lain diantarnya direktur PT. Kiblat Buku Utama Rahmat Taufik Hidayat, dan Ketua Program Studi Sastra Sunda Fakultas Sastra Unpad yang juga sebagai tim juri hadiah sastra rancage 2011 Teddi Muhtadin.
Kumpulan carpon halis pasir adalah sebuah karya sastra yang dibuat oleh Us Tiarsa, yang semuanya pernah dimuat di salah satu majalah berbahasa sunda. Sebagian besar cerita yang dibuat oleh Us Tiarsa, menceritakan kehidupan sosial yang biasa terjadi di masyarakat. Ada 13 judul carpon di dalam bukunya ini. Menurut Us Tiarsa, ia menuliskan setiap pristiwa yang terjadi di masyarakat, baik itu yang terjadi di kehidupannya atau mendapat informasi dari berbagai sumber. Alhasil, sekrang buah karyanya itu mendapat hadiah Sastra Rancage 2011 untuk sastra sunda bersama H. Usep Romli.
Hadiah sastra rancage adalah penghargaan yang diberikan kepada orang-orang yang dianggap telah berjasa bagi pengembangan bahasa dan sastra daerah. Sedikit cerita mengenai Us Tiarsa, beliau dilahirkan di Bandung 1 april 1943. Masa hidupnya ia baktikan sepenuhnya pada dunia tulis menulis. Mulai dari seorang pangarang hingga wartawan semua ia tekuni. Selain itu, ia pun pernah bermain film dan mempelajari seni tari. Dari semua pengalamannya itulah, ia bisa berkreasi membuat salah satu karya sasra dalam bentuk sebuah cerita pendek yang sangat sederhana tapi menarik. Menurut kritikus sastra Teddi Muhtadin, karya-karya sastra Us Tiarsa akan membuat para pembacanya jatuh cinta pada tokoh-tokoh ceritanya.

Dikutip dari Asah Asih Asuh a3p3ndidikan.blogspot.com

Nonverbal - Tentang Api